Kelompok `the Beatles` Ditangkap di Suriah

Kelompok `the Beatles` Ditangkap di Suriah

Kotey (L) dan ElSheikh (Foto: Buzzfeed/Facebook)

Jakarta –  Pejabat Amerika Serikat mengatakan, dua pejuang Islamic State (ISIS, Red), yang dijuluki `the Beatles` ditangkap di Suriah. Kelompok ini dijuluki the Beatles karena aksen bahasa Inggris mereka.

Kelompok teror yang berasal dari Inggris itu adalah, Alexanda Kotey dan El Shafee ElSheikh. Keduanya ditahan oleh pasukan Kurdi di Suriah dan dilaporkan telah mengungkapkan “informasi berharga” mengenai kepemimpinan dan struktur IS.

Menurut Sky News, saat ini masih empat warga Inggris yang masih jadi buronan. Bersama dengan kelompok `Jihadi John` Mohammed Emwazi dan Aine Davis, mereka diyakini menyiksa dan memenggal puluhan orang.

Pekerja bantuan Inggris Alan Henning dan David Haines, dan jurnalis Amerika James Foley dan Steven Sotloff termasuk di antara korban yang dicurigai dipenggal dalam video brutal yang dirilis di internet.

Ringleader Emwazi tewas dalam serangan pesawat tak berawak pada 2015, dan Davis dipenjara di Turki setelah dihukum tahun lalu atas tuduhan terorisme.

Pemerintah Amerika Serikat meyakini, kelompok tersebut sudah memenggal lebih dari 27 sandera, menggunakan metode penyiksaan mengerikan, seperti waterboarding dan electrocution, (Pengaliran arus listrik ke dalam tubuh, Red)

Pejabat pertahanan Amerika Serikat mengatakan, Kotey dan ElSheikh ditangkap pada awal Januari oleh Pasukan Demokratik yang didukung oleh Amerika Serikat.  Mereka dicurigai melakukan “penahanan, eksploitasi dan eksekusi tahanan Barat, dan dicurigai memiliki hubungan dengan teroris Inggris yang sering disebut Jihadi John”.

Pasangan tersebut diserahkan ke pasukan khusus Amerika Serikat, menurut New York Times, dengan identitas mereka dikonfirmasi dengan menggunakan sidik jari dan pengukuran lainnya.

Di bawah interogasi mereka,  kelompok teror tersebut  membeberkan “informasi berharga” mengenai kepemimpinan dan struktur IS yang tersisa.  ElSheikh adalah mantan pengungsi anak dari Sudan yang tinggal di White City, London barat, dan pernah bekerja sebagai montir.

Kotey, dari Paddington, lahir di London dan diyakini membantu merekrut orang Inggris lainnya untuk memperjuangkan IS, yang sekarang diusir dari benteng Suriah. Mereka kemungkinan terlibat dalam eksekusi kelompok yang metode penyiksaan yang sangat kejam.

Emwazi, yang berkulit hitam dalam video pemenggalan kepala yang terkenal, lahir di Kuwait dan pindah ke Inggris bersama keluarganya saat berusia enam tahun. Ia sekolah ke luar negeri, kemudian belajar ilmu komputer di University of Westminster sebelum berangkat ke Suriah pada tahun 2013.

Anggota keempat kelompok tersebut, Aine Davis, adalah mantan pengedar narkoba  juga dari London barat. Pada bulan Mei 2017 dia dipenjara selama tujuh setengah tahun oleh pengadilan Turki karena menjadi bagian dari organisasi teror.

TAGS : Suriah Alexanda Kotey El Shafee ElSheikh

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28951/Kelompok-the-Beatles-Ditangkap-di-Suriah/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz