Tak Hanya Ganjar, KPK Minta Setnov Ungkap Semuanya

Tak Hanya Ganjar, KPK Minta Setnov Ungkap Semuanya

Juru bicara KPK Febri Diansyah

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mencermati pengakuan Novanto yang menyebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima aliran dana sekitar USD 500 ribu dari proyek e-KTP. Untuk mendalami hal itu, lembaga antikorupsi akan melihat kesesuaian bukti satu dengan yang lainnya.

Novanto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (8/2/2018) mengakui jika dirinya mengetahui pemberian uang ke Ganjar atas laporan sejumlah pihak‎. Yakni, mantan anggota Komisi II dari Fraksi Hanura, Miryam S Haryani; mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Golkar (almarhum) Mustokoweni, mantan anggota Komisi II dari Fraksi Demokrat, (almarhum) Igantius Mulyono dan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Tentu saja fakta persidangan perlu dicermati terlebih dahulu, misalnya dikatakan Setya Novanto mendengar dari Andi Agustinus,” ucap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat (9/2/2018).

Dikatakan Febri, pihaknya akan mendalami dugaan aliran uang kepada Ganjar. Lembaga antikorupsi terus mempertajam bukti untuk menjerat pihak-pihak yang terlibat dan diperkaya dari proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

“Tentu kita harus lihat kesesuaian bukti satu dengan yang lainnya. Barulah kami bisa mendalami fakta-fakta persidangan tersebut,” ujar Febri.

Selain soal dugaan aliran dana kepada Ganjar, KPK masih membuka kesempatan kepada Novanto untuk membongkar keterlibatan pihak lainnya dalam kasus korupsi e-KTP. Novanto dapat menyampaikan mengenai pihak-pihak lain yang terlibat ini dalam proses pemeriksaan di penyidikan maupun persidangan.

Menurut Febri, pihaknya akan ‎mencermati setiap kesaksian yang disampaikan Novanto serta melakukan pemeriksaan ulang atas kesaksian tersebut. “Saya kira kalau memang Setya Novanto ingin membuka peran pihak lain, proses persidangan ini dan juga proses pemeriksaan di penyidikan akan sangat terbuka bagi yang bersangkutan untuk menyampaikan keterangan,” ujarnya.

“Meskipun keterangan tersebut harus kita kroscek dan kita pastikan kesesuaian atau tidak berkesuaian dengan bukti-bukti atau saksi yang lain,” ujar  Febri.

TAGS : e-KTP Setya Novanto Ganjar Pranowo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28967/Tak-Hanya-Ganjar-KPK-Minta-Setnov-Ungkap-Semuanya/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz